SILATURAHIM KE UNIVERSITAS BINA TARUNA GORONTALO

 

Senin 31 Januari 2022, Kepala UPT Pusat Perpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo Ampauleng Zainuddin., S.Hum, M.Pd, Beliau juga sebagai Koordinator Klaster Wilayah Timur FPPTI Pusat dan Pembina Cominitas Slim's Provinsi Gorontalo, dalam acara tersebut di dampingi oleh Ketua Comunitas Slim's Provinsi Gorontalo Drs. Yusron Humonggio., M.Pd.

Kunjungan ini di sambut langsung oleh Rektor UNBITA Gorontalo Dr. Hj. Ellys Rachman, S.Sos, M.Si dan Kepala Perpustakaan UNBITA di ruangan Rektor, kunjungan ini dalam rangka layanan berbasis Digital.

 

"Pengembangan TI di sebuah perpustakaan sebenarnya merupakan wujud dari berbagai kepentingan. Kepentingan ini yang mendorong perpustakaan untuk melakukan modernisasi pelayanan dan menerapkan TI dalam aktifitas kesehariannya. Tuntutan kepentingan-kepentingan yang sedemikian besar ini seakan menjadikan “cambuk” bagi perpustakaan untuk berbenah dan selalu berpikir untuk dapat memberikan yang terbaik melalui fasilitas TI ini", kata Yusron.

"Berdasarkan pengamatan, sebenarnya kepentingan ini secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua yakni kepentingan institusi dan kepentingan pengguna perpustakaan. Dalam kasus perpustakaan di lingkungan perguruan tinggi, institusi yang dimaksud adalah perpustakaan itu sendiri dan universitas sebagai lembaga yang menaungi perpustakaan. Sedangkan pengguna perpustakaan yang dimaksud adalah sivitas akademika di lingkungan perguruan tinggi yakni mahasiswa, dosen, peneliti dan karyawan. Perkembangan perpustakaan banyak dipengaruhi oleh visi dan misi yang di lembaga induknya. Sehingga apapun yang akan diterapkan dan dikembangkan oleh perpustakaan harus disesuaikan dengan tujuan organisasi atau institusi itu sendiri. Hanya terkadang apa yang menjadi kepentingan institusi sepertinya “belum berpihak” banyak kepada kepentingan pengguna. Belum lagi masalah prioritas, perpustakaan masih merupakan prioritas kesekian bagi lembaga induknya dalam hal pendanaan dan pengembangan", kata Ampauleng

Perkembangan perpustakaan dilihat dari kepentingan pengguna dirasakan belum menggembirakan. Masih banyak “tuntutan” pengguna yang belum dapat dipenuhi oleh perpustakaan, termasuk tersedianya akses layanan berbasis TI ini. Untuk itu perlu kiranya dipikirkan sebuah sinergitas yang mengakomodasi kedua kepentingan tersebut sehingga terjadi keseimbangan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.  Perpustakaan, Universitas dan Pengguna perlu berjalan bersama untuk memikirkan sebuah perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

 

 

 

SILATURAHIM KE UNIVERSITAS BINA TARUNA GORONTALO SILATURAHIM KE UNIVERSITAS BINA TARUNA GORONTALO Reviewed by PERPUSTAKAAN IAIN GORONTALO on Januari 31, 2022 Rating: 5