Perpustakaan Turut Berperan dalam Pemulihan Ekonomi


Perpustakaan  memiliki peran dalam pemulihan ekonomi nasional. Melalui program perpustakaan transformasi berbasis inklusi sosial, pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 dapat dilakukan melalui layanan literasi hingga ke tingkat desa. 
 

Kepala Perpustakaan IAIN Sultan Amai Gorontalo, Ampauleng Zainuddin.,S.Hum, M.Pd, mengatakan sebanyak 30 juta masyarakat Indonesia terdampak pandemi covid-19.

 

"Peran perpustakaan dinanti untuk hadir membagikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat, agar dapat bangkit dari keterpurukan," ujar Ampauleng Zainuddin.,S.Hum, M.Pd dalam keterangannya, Rabu (12/01/2021).

 

Ia menjelaskan, ada tiga faktor utama penyebab kemiskinan yakni terbatasnya penguasaan ilmu pengetahuan, akses permodalan yang terbatas, dan budaya malas.

 

"Tidak ada yang tahu, kapan pandemi ini akan berakhir, sehingga menjadi tugas utama kita sebagai pustakawan untuk menggerakkan masyarakat agar memiliki ilmu pengetahuan, serta menggerakkan budaya malas menjadi rajin," jelasnya.

 

Ampauleng Zainuddin.,S.Hum, M.Pd mengatakan, sudah saatnya para pustakawan dan para pengelola perpustakaan menjadikan perpustakaan sebagai pusat transfer ilmu pengetahuan, tidak hanya manajemen koleksi dan manajemen ilmu pengetahuan.

Perpustakaan Turut Berperan dalam Pemulihan Ekonomi Perpustakaan Turut Berperan dalam Pemulihan Ekonomi Reviewed by PERPUSTAKAAN IAIN GORONTALO on Januari 12, 2022 Rating: 5